Jenis-Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Minuman


minuman-dari-bunga

Jual Bunga Lamongan – Teh tidak hanya berasal dari tanaman camelia sinensi saja, tetapi banyak juga yang berasal bunga. 

Meskipun begitu air dari seduhan bunga memiliki aroma yang khas dan nikmat. Minuman teh dipagi hari terbukti ampuh untuk memperbaiki mood kita. 

Selain itu juga teh bunga sangat bermanfaat untuk mendetoks racun dari tubuh, merilekskan badan, antioksidan, dan memperlancar fungsi pencernaan tubuh kita.

Selama ini kita mungkin berpikir bunga hanya digunakan sebagai hiasan atau hadiah tertentu untuk orang yang kita sayangi. 
Tetapi ternyata bunga bisa menjadi minuman segar dan menyehatkan. Bunga merupakan bagian tanaman yang kaya akan nutrisi alami. 

Bahkan ada sumber penelitian yang menyebutkan bahwa tradisi minum teh dengan bahan bunga sudah dilakukan sejak tahun 3000 sebelum masehi di China. 
Saat itu masyarakat seringkali mencampurkan teh dengan berbagai jenis bunga. 

Berikut ini adalah bunga yang sering digunakan sebagai bahan untuk minuman:

1.      Bunga Melati

teh-melati

Bunga yang bisa kita dapatkan di toko bunga lamongan ini bisa menjadi bahan minuman. Melati pada umumnya berbentuk kecil dan berwarna putih, serta seringkali dibuat menjadi bahan untuk membuat teh. 

Meskipun begitu bunga melati juga digunakan sebagai bahan pembuat teh karena wanginya yang khas. Bunga melati yang dijadikan minuman ini memiliki khasiat untuk membuat tubuh kita lebih rileks dan segar. 

Seiring perkembangan teknologi dimasa kini teh melati bahkan sudah dibuat dalam bentuk kemasan siap pakai dan bubuk. Sehingga kita bisa menikmati teh melati secara instan dan praktis.

2.      Bunga Rosella

teh-rosella

Bunga ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sudah banyak ditanam oleh masyarakat lokal. 
Bunga rosella ini banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan teh karena dipercaya memiliki kandungan Vitamin C yang enam kali lebih banyak daripada buah jeruk. 

Khasiat dari minuman ini adalah dipercaya mampu mencegah serta menyembuhkan penyakit darah tinggi. 
Namun berbeda dengan bunga melati, teh dengan bahan rosella sendiri memiliki warna merah yang pekat. 
Cara pembuatannya pun hanya dengan mengeringkan bunga rosella kemudian direbus dan siap diseduh dengan air.

3.      Bunga Telang

teh-bunga-telang

Bagi sebagian orang, bunga telang mungkin masih terdengar asing karena bunga ini berasal dari daerah Asia Timur. 
Bentuk dari bunga ini berwarna biru terang dan kerap kali digunakan sebagai pembuat makanan atau minuman di negara Malaysia atau Thailand. 
Bagi orang Malaysia bunga ini sering digunakan juga sebagai bahan pewarna alami makanan ketan, sedangkan oleh masyrakat Thailand bunga telang diolah menjadi minuman. 
Karena warnanya yang biru terang, maka minuman yang dihasilkan oleh bunga ini juga akan berwarna biru terang.

4.      Bunga Butang

teh-bunga-butang

Bunga butang memiliki warna ungu dan menghasilkan minuman teh dengan warna biru tua yang gelap. Teh butang sendiri memiliki citarasa yang agak pahit namun juga tetap terasa manis. Khasiat dari minuman ini bisa menghilangkan batuk, mengurangi asma, dan melancarkan metabolisme tubuh.

5.      Bunga Kekwa atau Krisan

teh-krisan

Bunga ini memiliki nama ilmiah Chrysanthemum atau bunga krisan sering dipakai sebagai obat tradisional oleh masyarakat China di masa Dinasti Song pada tahun 960-1278 masehi. 

Teh dari bunga krisan dapat dikonsumsi pada suhu panas dan dingin. Teh ini dipercaya dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat diwajah kita. Bunga ini bisa kita temukan di mereka yang jual bunga di Lamongan.

6.      Bunga Mawar

teh-mawar

Tidak hanya bunganya yang indah untuk kita jadikan buket, mawar memilliki manfaat untuk dijadikan minuman. 

Olahan mawar untuk dijadikan minuman biasanya dijadikan teh. Bunga mawar yang dijadikan teh memiliki khasiat untuk melindungi usus kita dari radikal bebas, sebagai detoks tubuh, dan bisa menurunkan resiko terkena gangguan ginjal. 

Teh dengan bahan bunga mawar ini juga berkhasiat bagi kita yang sulit tidur, dan meredakan masalah pencernaan seperti konstipasi, keram, kembung, serta diare. 

Cara membuat teh mawar ini juga cukup mudah, kita hanya dengan merebut bunga mawar dan disajikan secara hangat. 

Bisa juga agar lebih nikmat kita tambahkan madu sebagai penambah cita rasa. Bunga ini bisa kita temukan di toko bunga Lamongan.

7.      Chamomile

teh-chamomile

Jenis bunga berikutnya yang bisa kita jadikan minuman adalah Chamomile. Bunga ini mirip dengan krisan namun bentuknya lebih kecil dan kelopaknya lebih sedikit. 

Bahan bunga ini sering digunakan sebagai teh, dan memiliki khasiat untuk membuat kita lebih rileks, mengurangi rasa cemas karena sedang depresi, mengurangi insomnia, dan meningkatkan gairah kita. Sehingga teh dengan bahan bunga Chamomile ini cocok bagi kita yang membutuhkan gairah atau semangat.

8.      Bunga Lavender

teh-lavender

Bunga ini dipercaya untuk mengusir nyamuk tapi bisa dijadikan minuman. Namun, faktanya minuman berbahan lavender bisa membantu mengurangi rasa cemas, stress, dan depresi. 

Minyak esensial yang ada dalam lavender dapat menghilangkan peradanggan, dan membantu melancarkan kesehatan pencernaan. 

Anitioksidan serta senyawa volatile yang ada dalam teh lavender mampu menetralisir radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Satu gelas teh lavender mampu mengatasi gangguan susah tidur dan bisa sebagai relaksasi tubuh.

9.      Bunga Sepatu

teh-sepatu

Teh ini seringkali dinamakan dengan teh hibiscus yang menjadi obat alami bagi gangguan pernapasan seperti flu, pilek, batuk, dan bahkan penyakit demam. 

Pada wanita teh hibiskus berkhasiat sebagai pereda sakit pada masa awal menopause. Teh dengan bahan bunga sepatu memiliki khasiat mengobati sariawan, keputihan, batuk berdahak, dan penyakit gondok. 
Selain itu, asam protocatechuic dalam bunga kembang sepatu ini memiliki sifat anti tumor dan antioksidan, serta memiliki kandungan mineral seperti flavonoid yang berkhasiat untuk menenangkan sistem saraf, dan mengurangi kecemasan serta depresi berlebih. 

Kita juga bisa mendapatkan bunga ini dengan mudah di Indonesia karena banyak yang menanamnya. Bunga ini juga bisa kita dapatkan pada mereka yang jual bunga di Lamongan.

10.  Bunga Dandelion

teh-dandelion

Jenis bunga ini sering disajikan dalam bentuk teh dan kopi. Kopi dandelion berasal dari ekstrak akar bunga dandelion, sedangkan untuk membuat teh kita bisa menggunakan ekstrak akar dan bunga dandelion. 

Bunga ini berkhasiat untuk membantu mengurangi jerawat dan memperlancar pencernaan kita. Dandelion juga kaya akannutrisi sehat, mulai dari sterol dan flavonoid, terdapat juga karotenoid, seskuiterpen, vitamin, hingga mineral. 

Teh berbahan bunga dandelion ini mampu menghilangkan radikal bebas, meminimalisir stress oksidatif yang menjadi sumber penyakit berbahaya seperti kanker.

11.  Bunga Sakura

teh-sakura

Selain cantik, bunga sakura ini juga bisa kita gunakan sebagai bahan pembuat minuman teh. Biasanya teh bunga sakura ini memiliki cita rasa yang lembut dan banyak khasiat. 

Kebanyakan orang meminum teh ini dengan tujuan untuk mempercantik kulit dan menangkal radikal bebas. Aroma teh yang menangkan ini sangat cocok diminum ketika kita sedan beristirahat.

12.  Bunga Mekar China

teh-mekar-china

Teh bunga mekar ini adalah minuman khas dari China dan memiliki cita rasa yang unik dan khas. Pada dasarnya minuman ini tidak jauh berbeda dengan minuman khas china lainnya. 

Dibuat dari bahan daun dan bunga yang telah kita kering. Yang unik dari minuman ini adalah ketika akan menyeduhnya bentuk teh tampak seperti rangkaian bunga. Bunga khas China ini bisa kita dapatkan toko bunga Lamongan.

Bagi anda yang sedang membutuhkan karangan bunga untuk ke Lamongan dan sekitarnya, silahkan hubungi kami :

Toko Bunga Lamongan GAP
Perumahan Griya Agung Permata
Blok.M.,No.54
Babat, Lamongan

HP/WA : 0811 3123 700

Website : clianthabunga.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel