19 Jenis Bunga Anggrek yang Ada di Indonesia


bunga-anggrek-tuban

Toko Bunga Tuban – Seluruh dunia sudah mengetahui bahwa anggrek merupakan bunga yang sangat indah. 

Karena keindahannya sudah banyak karya sastra yang menyinggung soal bunga anggrek. Meski ada banyak sekali jenisnya, namun bunga anggrek bulan adalah salah satu yang cukup terkenal. 

Bunga anggrek ini termasuk dalam kategori tanaman langka, oleh karena hal itu pemerintah Indonesia membuat UU khusus untuk melindungi tanaman anggrek dan terdapat 29 jenis bunga anggrek yang bisa dikatakan langka.

19 Jenis Anggrek Yang Dijual di Toko Bunga Tuban

Jika Anda sedang mencari tanaman anggrek baik untuk hiasan maupun untuk dihadiahkan, ada baiknya lebih mengenali jenis-jenis bunga anggrek. Ada banyak sekali jenis bunga anggrek yang bisa kita temukan di Indonesia, beberapa diantaranya adalah:

1.      Anggrek Bulan

anggrek-bulan1

Bunga ini adalah bunga anggrek yang paling terkenal dan sering masuk ke dalam lagu. Nama latin dari anggrek ini adalah paraphaelonopsis serpentilingua

Bunga ini sering sekali ditemukan di daerah Kalimantan Barat. Ciri khas yang menjadikan bunga ini begitu indah adalah warna kelopaknya yang putih serta bercorak merah dan kuning. Mengapa dinamakan bunga anggrek bulan? Karena bunga ini memliki bentuk dan warna yang menyerupai bulan.

2.      Anggrek Kasut Kumis

anggrek-kasut-kumis1

Anggrek kasut kumis ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan tanaman kantung semar. Mulai dari bentuknya yang berkantung dan memiliki bulu-bulu halus.

Itulah yang menyebabkan bunga anggrek ini dinamakan kasut kumis, karena memiliki bulu halus yang terlihat jelas. 

Warna dari bunga ini perpaduan antara warna hijau dan ungu, sehingga membuat bunga ini memiliki komposisi warna yang indah dan menyatu. 

Nama ilmiah dari anggrek ini adalah paraphalaenopsis chamberlainianum. . Anda bisa membeli bunga ini yang tersedia di jual bunga tuban.

3.      Anggrek Kebutan


Nama dari bunga ini cukup unik karena mengingatkan kita pada kebiasaan naik kendaraan dengan kecepatan tinggi. 
Tapi bukan berarti anggrek ini bisa berjalan cepat ya. Nama kebutan diambil karena warna oranye yang menutupi bunga ini terlihat sangat cantik, dan menyatu dalam satu tangkai bunga. 
Anggrek ini termasuk langka dan dilindungi oleh negara, sehingga jika Anda menemukan bunga ini sebaiknya dibiarkan saja dan tidak perlu diganggu.

4.      Anggrek Sendok

anggrek-sendok1

Jika mendengar nama anggrek ini jelas kita teringat akan sendok yang sering kita gunakan saat makan, namun bentuknya tentu lebih indah tidak seperti sendok biasa. 

Nama latin dari anggrek sendonk adalah spathoglottis zurea dan memiliki warna kuning yang begitu indah. Selain itu dikelopak bunga ada warna putih sedikit dan ditengahnya ada warna merah yang menjadikan bunga ini semakin indah.

5.      Anggrek Bulan Bintang

anggrek-bulan-bintang1

Sebelumnya kita membahas mengenai anggrek bulan, namun ternyata ada jenis anggrek yang memiliki nama anggrek bulan bintang. 

Tentu ada alasan khusus mengapa dinamakan anggrek bulan bintang. Alasannya adalah bunga ini memilik kelopak yang berjumlah lima buah dan bentuknya menyerupai bintang. 
Pada kelopaknya terdapat warna putih dan dihiasi warna merah dan hijau sehingga terlihat sangat indah ketika kita pandang.

6.      Anggrek Kerlip

anggrek-kerlip1

Anggrek ini ternyata masih satu spesies dengan anggrek bulan. Salah satu daya tariknya adalah aroma wangi dan memikatnya. 

Selain itu warna bunga ini adalah ungu cerah dengan tepinya berwarna putih, kombinasi warna ini sangat cantik dan menawan. 
Bunga ini memiliki nama latin phalaenopsis violacea dan sering di jual bunga tuban karena keindahannya tersebut.

7.      Anggrek Jamrud

anggrek-jamrud1

Nama ilmiah dari jenis anggrek ini adalah dendrobium macrophyllum. Ciri khusus yang bisa kita lihat dari anggrek jamrud adalah pada bagian bunga terdapat bulu seperti buah rambutan. Sementara dibagian luarnya mirip dengan kulit rambutan dan membentuk kelopak bunga.

8.      Anggrek Hartinah

anggrek-hartinah1

Nama anggrek ini diambil dari nama mantan ibu negara Indonesia yakni Ibu Tien Soeharto. Beliau memiliki jasa besar dalam mengembangkan tanaman anggrek ini. 

Bunga anggrek hartinah ditemukan pertama kali oleh Rudi E. Nasution tahun 1976. Memliki nama latin chimbidium hatinahianum bunga ini tentu sangat indah dan menawan.

Selain karena dominasi warna ungunya serta sedikit corak krem, bunga ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama denga jenis bunga anggrek lainnya.

9.      Anggrek Jingga

anggrek-jingga1

Bunga ini memiliki nama dan warna yang sama yakni jingga. Selain itu pada bunga ini terdapat motif seperti macan tutul yang membuatnya semakin cantik. Bunga ini memiliki nama latin renanthera matutina.

10.  Anggrek Ki Aksara

anggrek-kiAksara1

Bunga ini memiliki warna hijau dengan corak yang menyerupai kilatan petir. Nama ilmiah dari anggrek ini adalah macodes petoal dan memiliki ukuran yang cukup kecil.

11.  Anggrek Larat

anggrek-larat1

Ciri khas dari bunga anggrek larat adalah warna ungu tua yang menutup seluruh bunga. Nama latin dari bunga ini adalah dendrobium phlaenopsis dan bisa kita temukan di rumah budidaya anggrek dengan mudah.

12.  Anggrek Hitam

anggrek-hitam1

Anggrek ini memiliki kelopak bunga yang berwarna hitam namun pada bagian tengah bunganya terdapat warna putih dan merah muda. 
Perpaduan warna bunga ini tentu membuat anggrek hitam terlihat sangat indah dan menawan.

13.  Anggrek Stuberi

anggrek-stuberi1

Memiliki paduan warna ungu, kuning, dan putih yang mendominasi, menjadikan bunga ini sangat indah. 

Nama ilmiah dari dendrobium iasianthera. Dan bentuk anggrek stuberi ini memiliki bentuk yang unik karena menyerupai spiral.

14.  Anggrek Callus Vanda

anggrek-callus-vanda1

Bunga anggrek ini termasuk jenis bunga yang memiliki banyak spesies. Ada sekitar 40 spesies dengan beragam paduan warna. 

Bentuk kelopak bunganya sangat cantik dan indah. Anggrek ini ada di beberapa negara termasuk Indonesia. Bunga ini bisa kita dapatkan di jual bunga tuban.

15.  Anggrek Serat

anggrek-serat1

Jenis bunga ini banyak ditemukan di daerah Sulawesi Tenggara, dan akhirnya menjadi salah satu identitas unik dari provinsi ini. 

Dinamakan anggrek serat karena bunga ini memiliki banyak serat dan sering kali dimanfaatkan sebagai bahan anyaman. Oleh sebab itu populasi bunga ini semakin langka.

16.  Anggrek Kantung Kolopaking

anggrek-kantung-kolopaking1

Bunga anggrek jenis ini endemik di Kalimantan Tengah dan tidak bisa kita temukan di daerah lain. Memiliki warna daun hijau tua yang berbentuk seperti pita. 

Ujung daun dari bunga ini cukup unik, serta nama ilmiahnya adalah paphiopedim kolopakingii.

17.  Anggrek Pensil

anggrek-pensil1

Bunga anggrek ini memiliki bentuk yang mirip dengan pensil. Bunga ini hidupnya menumpang pada bunga bakung. 
Anggrek pensil juga memiliki gelar ratu anggrek karena keindahannya tersebut.

18.  Anggrek Tebu

anggrek-tebu1

Anggrek ini merupakan anggrek terbesar, beratnya satu ton dan tingginya mencapai 3 meter. Diameternya pun cukup luas yakni 1-2 meter.

19.  Anggrek Pandan

anggrek-pandan1

Dinamakan anggrek pandan karena bunga ini memiliki kemiripan dengan tanaman pandan. Anggrek ini tidak bisa hidup sendiri melainkan menumpang pada tanaman lain. Tanaman anggrek ini bisa kita dapatkan di toko bunga tuban.

Toko bunga Ibu Tin siap melayani pemesanan dan pengiriman karangan bunga segar untuk wilayah Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

Apabila anda ingin memesan karangan bunga, silahkan hubungi kami  :

Toko bunga Lamongan GAP
Perumahan Griya Agung Permata
Blok.M., No.54
Plaosan,Babat, Lamongan

HP/WA : 0811 3123 700

Website : clianthabunga.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel