7 Jenis Bunga yang Bisa Dibuat Menjadi Parfum Alami


bunga-mawar-lamongan23

Bunga dari toko bunga Lamongan juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat parfum karena aroma wangi yang dihasilkan. 

Saat ini sangat banyak parfum yang menggunakan tumbuhan berbau wangi yang digunakan dalam berbagai produk. 

Bunga berikut ini selain bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum dengan merek tertentu, ternyata juga bisa berfungsi sebagai pengharum alami. 

Bisa dilakukan dengan cara ditanam di pekarangan rumah atau diletakkan di dalam vas sebagai bunga potong untuk menghias sekaligus membuat ruangannya juga wangi.

Ternyata 8 Jenis Bunga Ini Bisa Dibuat Menjadi Parfum Alami, Lho

1.      Bunga mawar

bunga-mawar-asli-lamongan

Mawar memang sudah diakui memiliki bau yang wangi dan penampilan bunga yang mempesona. 
Ratu bunga ini memiliki batang yang umumnya berduri. Bunga mawar yang indah ini berasal dari China, Timur Tengah dan Eropa Timur. 
Namun saat ini, bunga mawar bukan sesuatu yang sulit dicari bahkan sudah bisa dibeli di tempat beli karangan bunga Lamongan.

Indonesia memiliki satu jenis mawar yang paling terkenal yaitu mawar Hibrida yang diketahui asalnya dari Belanda. 

Banyak orang menyukai mawar hibrida jenis Hybrid Tea dan Medium dengan macam-macam warna yang tersedia. 

Bagi yang suka berkebun bisa menanam beberapa bunga mawar jenis ini di rumah yaitu Folk Song, Cimacan Salem, Khaterina Zeimet,  dan Woborn Abbey. Sedangkan untuk bunga rangkaian atau bunga potong bisa menggunakan jenis mawar Cemelot, Golden Lustee dan Frad Winds.

2.      Bunga jasmine

bunga-melati-lamongan22

Melati adalah tanaman hias yang populer di Indonesia dan termasuk tanaman perdu dengan bunga berbentuk bintang. Bunganya ada yang tunggal dan ada yang tidak. 

Bunga yang digunakan sebagai bahan parfum ini mulai dikembangbiakkan pada tahun 1692. Bunga melati putih atau dengan nama latinnya Jasmine sambac pertama kali diperkenalkan ke seluruh dunia oleh Casimo Meici. 

Bunga melati di Indonesia dipercaya sebagai obat dan bermanfaatkan dalam hal kecantikan. Bunga melati dari orang yang jual bunga Lamongan ke berbagai daerah di Indonesia dikenal dengan nama-nama yang berbeda.

3.      Bunga Alison

bunga-alison-lamongan22

Bunga yang juga dikenal dengan nama Sweet Alyssum memiliki bentuk bunga warna putih yang tersusun dan menghasilkan aroma yang menyengat. 

Bunga Alyssum dengan mudah bisa ditemui di Indonesia dengan harga yang tidak terlalu mahal. Meskipun bunga ini bisa ditanam dengan mudah tetapi masih jarang dibudidayakan untuk penghasil parfum. 

Jika dilihat dari aromanya, tanaman ini bisa dijadikan bahan dasar pembuatan parfum. Bunga Alyssum dari orang yang jual bunga Lamongan barat juga bisa digunakan sebagai bunga potong untuk pengharum ruangan alami.

4.      Chocolate cosmos

Chocolate-cosmos-lamongan

Bunga yang berasal dari negara Meksiko ini ialah bunga yang tumbuh liar dan sekarang sudah jarang ditemukan. 
Namun, tahun 1902, bunga ini dikembangkan lagi menjadi bunga klon tunggal oleh  para peneliti tanaman dan ilmuwan. Tanaman perdu ini adalah tanaman yang diketahui memiliki racunnya sehingga dijauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Bunganya berwarna coklat tua dengan ukuran diameter sekitar 3-4 cm. Warna ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan memiliki aroma yang tajam sehingga bisa dijadikan sebagai pengharum alami. Aroma coklat bercampur vanilinya bertambah kuat ketika bunga ini mekar. Untuk mendapatkannya Anda bisa coba dengan pesan bunga Lamongan online.

5.      Bunga fuji

fuji-bunga-lamongan

Bunga ini yang termasuk jenis bunga fuji di Jepang tetapi di Indonesia dikenal dengan nama bunga Wisteria. 
Bunga wisteria di Jepang dilambangkan sebagai keselamatan dunia, cinta dan umur panjang. Untaian ungu tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias dan diketahui memiliki aroma yang tajam. 

Selain itu bunga ini juga termasuk jenis tanaman beracun sehingga perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Racunnya terletak pada biji bunga bahkan racunnya dipercaya bisa mematikan. Karena itu untuk amannya pesanlah bunganya saja lewat toko bunga Lamongan online.

6.      Sweet pea

 Sweet-pea-bunga-lamongan

Sweet pea adalah bunga yang memiliki aroma tajam dengan beberapa jenis warna, ada warna ungu dan ada juga yang berwarna pink. 

Bunga ini diketahui seperti bunga polong dan berbau harum yang manis sehingga dikenal dengan nama Sweet pea dan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. 

Nama ilmiahnya sendiri Lathyrus odoratus bisa merambat dengan ketinggian mencapai 2 meter. Warna lain yang lebih greget juga dimiliki bunga ini yaitu merah menyala.

7.      Lily of the Valley

lily-of-the-valley-lamongan

Bunga yang diketahui hampir seperti bunga bakung ini memiliki bau harum yang menyengat. Dikenal sebagai simbol cinta yang murni sehingga bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai bunga pernikahan. 

Bunga yang beracun ini memiliki bentuk yang tidak terlalu menarik tetapi ada juga yang menyukai bunga ini karena memiliki makna yang bagus dan dijual dengan harga yang sangat mahal. 

Tidak hanya berbahaya saja tetapi juga bisa menyebabkan kematian saat dikonsumsi. Selain digunakan sebagai tanaman hias, Wangi bunga ini juga dimanfaatkan sebagai bahan parfum. Bunga lily bisa dipesan di tempat pesan bunga Lamongan.

Ingin Memakai Parfum Buatan Sendiri? Begini Cara Mengolahnya

Parfum adalah sesuatu yang terlihat seperti cairan dan sebagian besar orang menggunakan parfum dalam kehidupan sehari-hari. 
Bahkan ada yang rela membeli parfum dengan harga yang mahal karena baunya yang wangi dan mewah. 
Beberapa produk parfum menggunakan bahan jenis bunga untuk menghasilkan aroma wanginya. Banyak sekali produk parfum yang dijual saat ini ada yang beralkohol dan ada juga yang tidak. Bahkan desain botolnya pun bagus-bagus dan unik. 
Namun, jika kamu ingin membuat parfum menggunakan tangan sendiri juga boleh. 
Berikut caranya.

Sediakan bahan
Untuk bisa membuat tentu saja kita membutuhkan bahan-bahan tertentu agar wangi yang dihasilkan sesuai keinginan. 
Bahan yang dibutuhkan berupa bunga yang beraroma yang juga bisa dibeli di tempat karangan bunga Lamongan
Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah:

-          3-4 cangkir kelopak bunga (bunga yang digunakan bisa bunga apa saja , namun lebih bagus jika digunakan bunga mawar atau bunga lavender).

-          Wadah (bisa berupa mangkok).

-          Air suling sebanyak 2 cangkir

-          Panci aluminium

-          Botol parfum

Cara mengolah bahan
1.      Di cuci bersih kelopak bunga dari kotoran-kotoran yang menempel.

2.      Dimasukkan 2 cangkir air suling ke dalam panci aluminium.

3.      Tambahkan kelopak bunga yang sudah bersih ke dalam panci.

4.      Panaskan dengan api sedang hingga aroma kelopak bunga menghilang.

5.      Tunggu dan biarkan air mendidih selama dua jam dan jangan lupa diperiksa agar masih ada cukup air dalam panci supaya tidak gosong.

6.      Kemudian dimatikan kompor dan biarkan isi panci hingga dingin.

7.      Saring dengan menggunakan kain tipis.

8.      Air tersebut sudah siap menjadi parfum, dimasukkan saja ke dalam botol parfum yang sudah disediakan sebelumnya.

Itulah 7 jenis bunga yang memiliki aroma yang kuat sehingga banyak orang memanfaatkannya baik sebagai pengharum buatan atau pengharum alami. 

Untuk pengharum alami, caranya mudah cukup menanamnya atau meletakkan di dalam vas bunga. Selain itu ada satu cara jika ingin membuat parfum dengan tangan sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Bunga mawar atau bunga melati bisa kamu temukan di toko bunga Lamongan.

Toko bunga Lamongan Ibu Tin
HP/WA : 0811 3123 700
Email : agustinaflorist44@gmail.com
Website : clianthabunga.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel