Bunga Edelweiss Langka yang Tidak Boleh dipetik


bunga edelweis

Berbagai macam jenis bunga tersedia di toko bunga Lamongan seperti bunga edelweiss tumbuhan berbunga yang mampu mencapai ketinggian mencapai 8 meter. 

Bunga edelweiss memiliki nama ilmiahnya Anaphalis javanica. Batang tumbuhan berbunga ini bisa sebesar kaki manusia, lumayan besar bukan? Tumbuhan berbunga ini termasuk tumbuhan langka yang dilindungi. 

Biasanya bunganya akan muncul sekitaran bulan April hingga ke bulan Agustus dengan warna kelopak putih dan banyak serangga yang menyukai bunga ini.

Alasan Toko Bunga Lamongan Tidak Memetik Bunga Edelweiss

Cabangnya juga dimanfaatkan oleh burung tertentu sebagai tempat pembuatan sarang. Bunga edelweiss menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihat bunga ini secara langsung. 

Bunga yang ada di Indonesia tidak sama dengan bunga edelweiss negara luar. Bunga yang dikenal dengan bunga abadi ini menjadi bunga langka karena banyaknya tangan nakal yang memetik bunga edelweiss dari gunung untuk dibawa pulang.

Bunga edelweiss bisa ditemukan di daerah puncak gunung di Indonesia, dan gunung tersebut memiliki suhu yang relatif tropis. Edelweiss dalam bahasa Jerman diartikan dengan mulia atau putih. 

Bunga edelweiss juga merupakan sumber makanan untuk beberapa jenis serangga sehingga kasihan serangganya jika bunga ini banyak yang dipetik.

Batang edelweiss memiliki kulit yang bercelah dan ada juga yang mengandung air. Sehingga batang tumbuhan edelweiss juga bisa menjadi rumah bagi lumut dan lichen. 

Bunga edelweiss yang digemari banyak pengunjung ini, sekarang dilarang dipetik secara berlebihan, bahkan kalau bisa memang tidak dipetik satu pun. Mengapa tidak boleh dipetik? Berikut alasannya.

1.      Hanya hidup di pegunungan

Bunga yang indah ini hanya bisa hidup di pegunungan saja, jika dipindahkan ke tempat lain maka bunga ini akan mati atau layu. Sehingga tidak ada gunanya jika memetik bunga ini lalu membawanya pulang ke rumah. Suhu dan kelembaban juga mempengaruhi untuk pertumbuhan bunga ini. Bunga jenis lain untuk acara tertentu juga bisa dipesan lewat toko bunga Lamongan online.

  1. Bunga langka
Saat ini bunga edelweiss adalah bunga yang langka bahkan edelweiss yang ada di gunung Bromo sudah punah. Saat ini bunga edelweiss ada dilindungi di taman Nasional Gunung Gede. 

Namun, ada laporan yang menyatakan bahwa para pendaki gunung telah memetik bunga ini sekitar 636 batang. Hal ini tentu akan mempercepat punahnya bunga edelweiss. Bunga yang langka ini harus dijaga dan dilindungi dari tangan-tangan yang hendak menjamah.

  1. Sebagai simbol dan logo
Bunga edelweiss dimanfaatkan sebagai simbol atau logo oleh suatu perusahaan. Di negara Eropa, bunga ini digunakan sebagai logo pada uang koin. 
Sedangkan di Indonesia, bunga edelweiss dimanfaatkan sebagai simbol perangko pos. Sehingga bunga ini dianggap penting untuk kehidupan. 
Toko bunga yang ada di lamongan juga melayani pembelian karangan bunga Lamongan dengan bunga lain yang menarik.

4.      Bunga abadi

Dikatakan bunga abadi karena tumbuhan berbunga ini hidup hingga 10 tahun lamanya. Ini adalah umur yang panjang dibandingkan tumbuhan berbunga lainnya. 

Bunga edelweiss memiliki hormone etilen yang berperan dalam membuat bunga bisa bertahan dalam waktu yang lama. 

Dulu ada pos-pos yang merazia tas para pendaki gunung untuk mengetahui apakah mereka memetik bunga edelweiss atau tidak. Ini adalah cara yang bagus agar bunga ini bisa tetap mempertahankan jenisnya.

Pesona lain dari bunga edelweiss bisa dilihat ketika bunga ini bergoyang ke kanan dan ke kiri karena tertiup angin. Jumlah pohonnya yang banyak dan menghasilkan kuntum bunga dalam jumlah yang banyak juga membuat pegunungan terlihat indah. 

Sayang sekali, jika banyak yang mengambil bunga ini untuk kesenangan sendiri. Padahal bunga jenis lain ada di jual  tempat jual bunga Lamongan, mengapa orang harus memburu bunga edelweiss itu.

  1. Hanya bisa hidup ditempat tertentu
Perlu diketahui bahwa, bunga abadi bukanlah tanaman yang bisa tumbuh secara liar di sembarang tempat. 

Bunga yang memerlukan kelembaban dan suhu yang sesuai dengan dirinya agar ia bisa tumbuh dengan baik. 

Bunga edelweiss hanya mau hidup di tempat sisa pembakaran atau tanah vulkanik yang masih muda. 

Pesona bunga edelweiss bisa terasa ketika bunga ini mekar dengan perpaduan antara warna putih dan warna coklat. Bunga yang lain yang lebih menarik bisa ditemui di toko bunga Lamongan.

Akar tumbuhan berbunga ini bisa muncul ke atas permukaan tanah sehingga bisa dimanfaatkan oleh jamur-jamur untuk tempat tinggal mereka. 

Dan tentu saja, oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan ini bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain. Bentuk daun tanaman ini lancip dan memiliki bulu-bulu yang berwarna putih. Panjang daunnya bisa mencapai 6 cm dengan lebarnya sekitar 0,5 cm.

  1. Butuh waktu yang lama untuk tumbuh
Bunga edelweiss bukan bunga yang mudah tumbuh begitu saja. Tidak sama seperti tanaman hias yang lain. 

Dibutuhkan sekitar 13 tahun agar bunga ini tumbuh setinggi 20 cm. Karena itulah bunga ini tidak boleh dipetik sembarangan. 

Tumbuhan ini biasanya akan menghasilkan bunga setelah musim hujan selesai dan munculnya sinar mentari yang hangat. Bunga yang mudah tumbuh bisa didapatkan di tempat jual bunga Lamongan barat.

Bunga edelweiss dalam keadaan segar ada yang berwarna hijau dengan perpaduannya abu-bu muda. Namun, jika sudah kering, bunga ini akan berubah warnanya menjadi gelap disebabkan oleh jaringan mesofil daunnya yang sudah mengalami degradasi. 

Bunga edelweiss yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri seperti permukaan dasar bunga yang rata, warnanya ada yang putih berpadu dengan warna coklat. 

Kepala sari bunga ini bisa membentuk tabung yang terlihat mengumpul.  Sebenarnya daerah penyebaran bunga edelweiss cukup luas. 

Hanya saja menjadi langka karena banyaknya faktor seperti erosi atau gangguan lainnya. Pemesanan bunga lainnya juga bisa dilakukan melalui tempat pesan bunga Lamongan.

  1. Memiliki cara budidaya tersendiri
Budidaya tumbuhan ini tidak sama seperti menanam beberapa tanaman lain yang bisa dilakukan dengan mudah. Bunga edelweiss adalah bunga yang sangat penting untuk dibudidayakan mengingat semakin hari bunga ini semakin langka. 

Bakal biji yang dipilih jika ingin menanam tumbuhan ini adalah bakal biji yang sudah tua, jangan ambil jika masih dalam keadaan muda. Biji bunganya juga bisa dipesan secara online melalui tempat pesan bunga Lamongan online.

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemisahan biji. Biji yang akan diambil harus dipisah dulu dari bunga edelweiss. 

Lakukan dengan hati-hati agar bakal biji masih tetap bagus dan terjaga. Setelah itu biji bunga edelweiss ditanam atau disemai pada tanah yang mengandung pasir. Bijinya bukan ditanam di tanah lapang tetapi ditanam di dalam polybag.

Bunga edelweiss memerlukan perawatan yang rumit, jika tidak sanggup memeliharanya maka jangan dipetik bunga edelweiss yang sudah ada. Hal yang terakhir adalah merawat biji yang sudah disemai tadi hingga berkecambah. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kelembaban. Berbagai jenis karangan bunga bisa dibeli di tempat beli karangan bunga Lamongan.

Bunga edelweiss juga bisa ditemukan di beberapa tempat yang dijual oleh warga daerah, tetapi ini adalah hasil budidaya mereka, bukan memetik secara illegal. 

Di Indonesia, bunga edelweiss juga dikenal dengan nama bunga senduro. Bunga yang hanya tumbuh di daerah pegunungan ini jika dibawa turun tentu akan berpengaruh pada kesegaran bunga. 

Bunga edelweiss terdiri dari beberapa jenis dan warna yang berbeda, semunya memiliki karakteristik dan pesona tersendiri.

Itulah alasan mengapa bunga edelweiss yang cantik ini dilarang dipetik, tetapi karena pesona dan dikenal sebagai bunga abadi sehingga banyak orang yang tergiur untuk memetiknya dan membawa pulang. 

Bahkan ada yang mengambil bunga ini dengan tujuan meletakkannya di kamar tidur. Padahal di toko bunga Lamongan juga banyak bunga yang tidak kalah pesonanya dengan bunga edelweiss.

Toko Bunga Ibu Tin Lamongan siap melayani pemesanan dan pengiriman karangan bunga untuk ucapan ulang tahun,pernikahan,pembukaan kantor/usaha baru dan duka cita.
Hubungi kami :

HP/WA : 0811 3123 700

Email : agustinaflorist44@gmail.com

Website : clianthabunga.com