Ternyata Deretan Bunga Cantik ini juga Bisa Mengusir Nyamuk

 

lavender

Toko bunga Lamongan menjual berbagai jenis bunga, bahkan yang bisa pengusir nyamuk juga ada di sana. Semua orang tidak suka dengan kedatangan nyamuk. Sehingga obat anti nyamuk mulai bertebaran baik yang berbentuk semprotan atau olesan. Namun, jika tidak ingin menggunakan obat yang memiliki zat kimia tersebut, bisa juga memanfaatkan tumbuhan secara alami. Tumbuhan yang dimaksud adalah tanaman hias bunga yang cantik namun bermanfaat.

9 Bunga Pengganti Obat Nyamuk dari Toko Bunga Lamongan

Banyak manusia yang meninggal akibat penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Incaran utama nyamuk ialah darah manusia. Nyamuk ternyata juga memiliki ketertarikan terhadap aroma karbondioksida dan wangi tubuh manusia. Untuk mengatasinya, bisa dengan menanam beberapa jenis bunga berikut karena mampu mengusir nyamuk dengan alami.

1.      Marigold

Bunga ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Di Indonesia, Marigold lebih dikenal dengan nama kenikir. Bunga ini memiliki aroma yang kurang sedap sehingga disebut juga bunga tahi ayam. Aroma tersebut yang membuat nyamuk menghindari Marigold yang memiliki banyak jenis ini.

Bunga marigold memiliki kandungan zat yang bernama thiopenes, zat inilah yang bisa mengusir nyamuk. Tidak hanya nyamuk, beberapa serangga lain seperti kutu daun dan lalat putih juga bisa diusir dengan bunga yang berwarna oranye ini. 

2.      Bunga Lavender

Bunga yang bernama Lavandula agustifolia ini berwarna ungu dan bergerombol di tangkai. Lavender banyak dimanfaatkan oleh dunia industri sebagai bahan campuran dalam memproduksi produk pembasmi nyamuk mereka. Hingga saat ini lavender memang terkenal dengan kemampuannya dalam mengusir nyamuk. Bunga lavender bisa dimanfaatkan secara langsung yaitu dengan cara menggosokkan ke kulit tubuha gar minyak yang ada pada bunga lavender ini keluar dengan baik.

Bunga lavender juga bisa ditanam dipekarangan rumah seperti dekat jendela atau pintu. Lavender memiliki bau harum yang menenangkan bagi manusia. Tetapi tidak bagi nyamuk. Nyamuk paling benci dengan wangi bunga lavender sehingga saat mendekati bunga ini, nyamuk akan pergi dengan sendirinya. Selain itu, bunga lavender juga berfungsi sebagai antiseptik.

Ada zat tertentu dalam bunga lavender yang bernama linalool dan lynalyl acetate yang tidak disukai nyamuk. Bunga yang umumnya berwarna ungu ini memiliki banyak jenis yang berasal dari pegunungan Alpen daerah Mediterania Selatan namun saat ini sudah bisa ditemukan di Indonesia. Bunga dalam bentuk karangan ini bisa pula dibeli di tempat jual karangan bunga Lamongan.

3.      Bunga Rosemary

Bunga berwarna cantik ini tahan bisa beradaptasi dengan suhu panas matahari. Lalu, mengapa bunga rosemary bisa mengusir nyamuk? Rosemary mengeluarkan bau yang wangi, tetapi bisa membuat efektivitas radar nyamuk terganggu. Tanaman ini selain dimanfaatkan untuk kesehatan, juga mampu mengusir beberapa jenis serangga. Contohnya nyamuk, ngengat kubis ataupun lalat yang suka hingga pada wortel. Toko bunga Lamongan Barat menjual banyak jenis bunga termasuk Rosemary sehingga Anda dapat mencoba membelinya di sana.

4.      Bunga geranium

Bunga ini lebih dikenal dengan nama tapak dara. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan rumah. Selain mampu mengusir  nyamuk, bunga ini memiliki mahkota yang indah. Salah satunya ada yang dikenal dengan nama Lemon Geranium yang memiliki aroma asam yang kuat. Bunga yang indah ini berasal dari Afrika Selatan.

Bunga yang berasal dari keluarga Geraniceae ini terdiri sekitar 300 jenis. Tidak hanya sebagai pengusir nyamuk saja, bunga geranium kini juga dimanfaatkan sebagai pencegahan terhadap virus HIV. Bentuk bunga kecil ini biasanya duduk bergerombol pada tangkai bunga dan banyak varian warnanya seperti ungu, pink dan putih.

Bunga geranium ini juga bermanfaat dalam perlindungan terhadap eritrosit darah dan menjaga sistem imun tubuh. Jadi, tidak ada salahnya jika menghias pekarangan rumah dengan membeli bunga geranium ini.

5.      Citrosa Mosquito

Citrosa mengeluarkan aroma asam atau aroma jeruk sehingga dinamakan Citrosa atau citrus. Aroma jeruk inilah yang bisa membuat nyamuk menghindar. Tumbuhan ini bisa hidup di lingkungan panas. Bunga ini memiliki bentuk yang unik dengan warna yang menarik. Bunga dalam bentuk satuan atau karangan bisa dibeli ditempat beli karangan  bunga Lamongan.

6.      Kecombrang

Tanaman ini memiliki bunga yang indah dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan di Indonesia seperti sebagai campuran sup atau masakan sayur yang lain. Nyamuk merasa terganggu dengan aroma asam yang dihasilkan kecombrang ini. Kecombrang berwarna pink kemerah-merahan dengan nama Etlingera eliator.

Bunga kecombrang berasal tanaman yang tingginya bisa mencapai lima meter. Batang tanamannya tidak bercabang dan bereproduksi dengan umbi. Tidak hanya di Indonesia, kecombrang juga ada di negara lain seperti Thailand, Filipina dan Malaysia. Selain untuk pengusir nyamuk, dan bahan masakan, kecombrang ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Sehingga tidak salah Anda membelinya sebagai penghias rumah.

7.      Mintrosa of Lady Diana

Bunga yang umumnya berwana putih ini berasal dari Belanda. Entah mengapa namanya disebut Mintrosa of Lady Diana meskipun beliau berasal dari negara Inggris. Tanaman ini mampu mengeluarkan aroma yang tajam sehingga nyamuk merasa terganggu dengan kehadiran tanaman bunga ini. Sehingga sangat bagus ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Saat ini, bunga bisa didapatkan dengan mudah melalui toko bunga Lamongan online.

8.      Krisan

Bunga krisan biasa dimanfaatkan sebagai tanaman untuk penghias ruangan. Selain itu, ternyata ada manfaat lain dari keindahan bunga ini. Aroma yang dikeluarkan oleh bunga krisan mampu mengusir nyamuk karena nyamuk benci dengan aroma Krisan.Bunga krisan bisa didapatkan melalui tempat pesan bunga Lamongan.

Bunga krisan berasal dari genus Chrysantheum serta family Asteraceae. Bunga ini banyak dimanfaatkan untuk karangan bunga atau buket bunga. Untuk pemanfaatan dalam mengusir  nyamuk tanaman ini bisa ditanam di pekarangan rumah dengan perawatan yang baik tentunya. Bunga krisan memiliki banyak varian ada yang berwarna putih, pink, kuning, merah dan peach. . 

9.      Kamboja

Bunga kamboja biasa ditanam di  beberapa tempat termasuk pemakaman. Namun, ada kelebihan lain bunga ini yang membuat orang banyak menanam bunga ini di halaman rumah. Bunga yang berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning ini mampu mengusir nyamuk dengan aroma yang dikeluarkannya.

Selain itu, bunga yang memiliki nama ilmiah Pulmeria acuminate ini mengandung minyak atsiri dan senyawa geraniol. Senyawa inilah yang akhirnya mampu membuat nyamuk pergi. Selain itu, bunga kamboja banyak dimanfaatkan untuk pembuatan lilin. Apabila lilin yang berbahan dasar kamboja dibakar, aroma pembakaran tersebut dibenci nyamuk, sehingga nyamuk pergi tanpa perlu diusir secara kasar. Bunga kamboja bisa didapatkan dengan pesan bunga Lamongan online.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis bunga yang ternyata mampu mengusir nyamuk di rumah. Beberapa bunga di atas juga bisa didapatkan di tempat jual bunga Lamongan dengan berbagai varian harga yang terjangkau.